Resume Buku "Bahasa Indonesia Ragam Ilmiah"

RESUME BUKU
Judul                             : Bahasa Indonesia Ragam Ilmiah ( Mata Kuliah Pengembangan  Kepribadian Bahasa Indonesia)
Pengarang                    : Dr. Ramly, M. Hum.

            Bahasa Indonesia ragan ilmiah merupakan salah satu bahasa Indonesia yang digunakan dalam menulis karya ilmiah. Bahasa Indonesia ragam ilmiah memiliki karakteristik cendikia, lugas dan jelas, mnghindari kalimatnfragmatis, bertolak dari gagasan, formal dan objektif, ringkas dan padat, dan konsisten.
            Ragam bahasa yang digunakan dalam suasana akrab (santai) biasanya mempunyai kelainan jika dibandingkan dengan bahasa yang dipakai dalam suasana resmi. Ragam suatu bahasa dapat juga dibedakan berdasarkan jenis kesatuan dasarnya (Halim, 1998). Dilihat dari wujud kesatuan dasar ini, ragam bahasa dapat pula dibedakan antara ragam lisan dan ragam tulisan. Ragam tulisan melambangkan ragam lisan dengan pengertian bahwa kesatuan ragam tulisan melambangkan ragam tulisan, yaitu huruf melambangkan kesatuan-kesatuan dasar lisan, yaitu bunyi bahasa dalam bentuk yang dapat dilihat.

            Menggunakan bahasa Indonesia ragam ilmiah dalam menulis dan presentasi ilmiah berarti memanfaatkan potensi bahasa Indonesia untuk memaparkan fakta, konsep, prinsip, teori atau gabungan dari keempat hal tersebut secara hasil penelitian secara tertulis dan lisan.

SHARE ON:

Hello guys, I'm Tien Tran, a freelance web designer and Wordpress nerd. Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque laudantium, totam rem aperiam, eaque ipsa quae.

    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar