Resume Buku "Sejarah, Kedudukan, dan Fungsi Bahasa Indonesia"


RESUME BUKU
Judul               : Sejarah, Kedudukan, dan Fungsi Bahasa Indonesia ( Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Bahasa Indonesia)
Pengarang            : Dr. Ramly, M. Hum.

            Bahasa Indonesia yang berkedudukan sebagai bahasa kebangsaan dan bahasa resmi negara Republik Indonesia merupakan sebuah dialek bahasa Melayu, yang pokoknya dari Bahasa Melayu Riau.Bahasa Melayu digunakan sebagai bahasa kebudayaan, yaitu bahasa pengantar dalam mempelajari ilmu agama dan bahasa perdagangan. Bahasa Melayu sebagai lingua franca semakin kuat, terutama dengan tumbuhnya rasa persatuan dan kebangsaan di kalangan pemuda pada awal abad ke-20 sekalipun mendapat rintangan dari pemerintah dan segolongan orang Belanda yang berusaha keras menghalangi perkembangan bahasa Melayu dan berusaha menjadikan bahasa Belanda sebagai bahasa nasional di Indonesia. Barulah pada masa pendudukan Jepang Bahasa Indonesia memperoleh kesempatan berkembang. Tanggal 28 Oktober merupakan hari pengangkatan atau penobatan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan, atau dengan kata lain sebagai bahasa nasional. Pada tanggal 17 Agustus 1945 hari kemerdekaan Indonesia, Bahasa Indonesia telah siap menerima kedudukan sebagai bahasa negara, seperti yang tercantum dalam Undang-undang Dasar 1945, Bab XV, Pasal 36 bahwa “Bahasa Negara ialah Bahasa Indonesia”. Pemerintah Orde Lama dan Orde Baru menaruh perhatian yang besar terhadap perkembangan bahasa Indonesia di antaranya melalui pembentukan lembaga yang mengurus masalah kebahasaan yang sekarang menjadi Pusat Bahasa dan penyelenggaran Kongres Bahasa Indonesia.
            Di dalam kedudukannya sebagai bahasa nasional, bahasa Indonesia berfungsi sebagai (1) lambang kebanggaan kebangsaan, (2) lambang identitas nasional, (3) alat pemersatu berbagai suku bangsa, dan (4) alat perhubungan antardaerah dan antarbudaya. Di dalam kedudukannya sebagai bahasa negara, bahasa Indonesia berfungsi sebagai (1) bahasa resmi kenegaraan, (2) bahasa pengantar dalam dunia pendidikan, (3) alat perhubungan di tingkat nasional untuk kepentingan pembangunan dan pemerintahan, dan (4) alat pengembangan kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi.
            Bahasa Daerah (BD) merupakan salah satu bahasa yang digunakan di samping bahasa nasional yang dipakai sebagai bahasa pergaulan intra-daerah di wilayah RI. Dalam kedudukannya sebagai bahasa daerah, maka bahasa daerah berfungsi sebagai (1) lambang kebanggan daerah, (2) lambang identitas daerah, dan (3) alat penghubung antar warga masyrakat daerah. Adapun dalam hubungannya dengan fungsi bahasa Indonesia, bahasa daerah berfungsi sebagai (1) pendukung bahasa nasional, (2) bahasa pengantar di sekolah dasar di daerah tertentu pada tingkat permulaan untuk memperlancar pengajaran bahasa Indonesia dan mata pelajaran lain, dan (3) alat pengembangan dan pendukung kebudayaan daerah.

            Bahasa asing berfungsi sebagai (1) alat penghubung antarbangsa, (2) alat pembantu pengembangan bahasa Indonesia menjadi bahasa modern, alat pemamfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi modern untuk pembangunan nasional. 

SHARE ON:

Hello guys, I'm Tien Tran, a freelance web designer and Wordpress nerd. Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque laudantium, totam rem aperiam, eaque ipsa quae.

    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar