RESUME BUKU
Judul :
Membaca Kritis untuk Menulis ( Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Bahasa Indonesia)
Pengarang : Dr. Ramly, M. Hum.
Kegiatan membaca kritis untuk
menulis pada dasarnya merupakan kegiatan membaca untuk mendapatkan informasi
yang relevan dan diperlukan untuk tulisan yang akan dikembangkan. Kegiatan
membaca kritis untuk menulis harus dikaitkan dengan informasi seperti apa yang
kita masukkan dalam tulisan kita, apakah informasi umum, khusus, atau informasi
yang terperinci.
Ada berbagai ragam membaca kritis
bergantung pada jenis informasi seperti apa yang kita inginkan, antara lain
adalah membaca cepat/sekilas untuk mencari topik, membaca cepat untuk informasi
khusus, dan membaca teliti untuk
informasi rinci.
Membaca tulisan/artikel ilmiah
berbeda dengan membaca jenis tulisan lain karena jenis informasinya yang
berbeda. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membaca tulisan/artikel
ilmiah, yaitu menggali tesis/pernyataan masalah, meringkas butir-butir penting
setiap artikel, menyetir konsep-konsep penting (pandangan ahli, hasil
penelitian, dan teori), menentukan bagian yang akan dikutip, menentukan
implikasi dari bagian/sumber yang dikutip, dan menentukan posisi penulis
sebagai pengutip.
Kegitan membaca kritis tulisan
populer sedikit berbeda dengan membaca kritis tulisan ilmiah karena kedua jenis
tulisan tersebut mempunyai sifat berbeda. Dalam membaca kritis tulisan/artikel
populer, hal-hal yang perlu diperhatikan ialah mengenali persoalan utama atau
isu yang dibahas, menentukan signifikan/relevansi isu dengan tulisan ilmiah
yang akan dihasilkan, memanfaatkan isu artikel populer untuk bahan/inspirasi
dalam menulis, dan membedakan isi artikel populer dengan isi artikel ilmiah dan
buku ilmiah.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam
membaca buku ilmiah, antara lain, adalah memanfaatkan indeks untuk menemukan
konsep penting, menentukan konsep-konsep penting (pandangan ahli, hasil
penelitian, dan teori) untuk bahan menulis, menentukan dan menandai
bagian-bagian yang dikutip, menentukan implikasi dari bagian/sumber yang
dikutip, dan menentukan posisi sebagai pengutip.
Internet sudah menjadi bagian yang
tak terpisahkan dalam kehidupan modern. Bahan-bahan yang tersedia dalam
jaringan internet bisa dimanfaatkan untuk bahan tulisan kita. Untuk menemukan
bahan-bahan dalam jaringan internet, kita memanfaatkan website yang berkaitan
dengan topik tulisan kita. Sebelum memanfaatkan bahan-bahan tersebut, kita
perlu memilih dan mengevaluasi apakah bahan tersebut kita perlukan. Untuk tidak
menerima begitu saja tulisan yang ada di internet, paling tidak yang harus kita
lakukan adalah (a) membaca secara sepintas bagian-bagian tertentu; (b) membuat
daftar pertanyaan mengenai bahan tersebut; (c) mengevaluasi; dan (d) meninjau
kembali bacaan tersebut.
0 komentar:
Posting Komentar